Anggota Komisi 1 DPR RI, Elnino M. Husei Mohi, Membuka Kegiatan Sertifikasi SKKNI Bidang Informatika

Fasilitasi Sertifikasi 03 -08- 2017

Kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika di Provinsi Gorontalo diselenggarakan Pusat Pengembangan Literasi Profesi SDM Informatika, Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo selama 3(tiga) hari, dari tanggal 2(dua) sampai dengan tanggal 4 (empat) Agustus 2017. Kota Gorontalo sebagai ibukota Provinsi Gorontalo menjadi magnet yang menarik angkatan kerja muda bidang TI (Teknologi Informasi) di seluruh Provinsi Gorontalo. Tidak kurang dari 130(seratus tigapuluh) lulusan sekolah vokasional bidang TI baik dari lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) maupun Diploma 3 (D3) mendaftarkan diri untuk bisa menguji kemampuannya dalam bidang yang diujikan pada kegiatan sertifikasi tersebut, dan hanya 75(tujuh puluh lima) peserta yang telah diseleksi, “Kegiatan ini diikuti oleh 75(tujuhpuluh lima) peserta dari angkatan kerja muda lulusan dari sekolah vokasional bidang TIK, baik dari SMK sampai D3, yang belum bekerja dan sedang tidak meneruskan studi”, dinyatakan Sujarwo M.M., Kepala Sub Bidang Fasilitasi Sertifikasi dalam Laporan Panitianya.

Kemampuan atau Kompetensi Junior Programming, Junior Networking, Helpdesk, Practical Office Advance, dan Digital Imaging ditawarkan kepada angkatan kerja muda Gorontalo dan sekitarnya untuk diujikan. LSP TIK (Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan teleKomunikasi) Indonesia sebagai LSP kategori P3 yang melakukan asesmen pada kegiatan ini. Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika, Hedi M. Idris, dihadapan peserta Sertifikasi SKKNI, kembali mengingatkan pentingnya sertifikasi kompetensi di pasar tenaga kerja global. Hedi M. Idris menyampaikan “Sejak ditandatanganinya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), di Asia Tenggara pasar tenaga kerja dibuka lebar-lebar, pekerja bisa masuk dari mana saja, dengan syarat mempunyai kompetensi yang memilik sertifikat”

“Zaman Anda bukan lagi zaman saya, zaman saya untuk jadi seorang tokoh selain harus sekolah tinggi dia harus bergerak dalam suatu organisasi, menggerakkan masa, menggerakkan demo dan lain-lain  baru bisa jadi tokoh, sedangkan untuk zaman Anda, untuk menjadi tokoh seorang Mark Zuckenberg cukup dia mengimplementasikan mimpinya dalam dunia cyber, dan kita sudah ada dalam dunianya…Facebook” Elnino M. Husein, Anggota Komisi 1 DPR RI, mengingatkan angkatan kerja muda Gorontalo di awal sambutannya.

Beliau (Elnino M. Husein) pun sebagai putera asli Gorontalo meminta untuk tidak melihat Gorontalo sebelah mata dalam bidang IT. “Gorontalo itu memang ada “di ujung” tapi bukan berarti kalau daerah Gorontalo tertinggal masalah IT. Di Gorontalo ini ada Desa Digital yang kalau dihargakan, proyeknya bisa mencapai 1,2(satu koma dua) M(Milyar), tapi  kita bisa bangun dengan dana 200 juta. Desa Digital ini bahkan terkenal sampai ke Jepang dan India.” Beliaupun mengajak para peserta untuk terus membangun Gorontalo di bidang teknologi informasi. “Kita masih butuh aplikasi aplikasi online yang bisa membuat Smart City Gorontalo lebih smart.”

Acara Sertifikasi SKKNI bidang Informatika secara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Anggota Komisi 1 DPR-RI, Elnino M. Husein Mohi, S.T., M.Si., “Bismillahirrohmanirrohiim, secara resmi Kegiatan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda di Provinsi Gorontalo saya buka.” Acara yang juga dihadiri oleh pejabat dari Plt. Dinas Komunikasi, Informasi, dan  Statistik, Hj. Fatma Biki, S.E., S.H., M.Si., kemudian ditutup dengan uraian Doa dan foto bersama.