Pemerintah Riau Apresiasi Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika di Pekankanbaru

Perencanaan dan Evaluasi 25 -07- 2017

(Pekanbaru, 25/07/2017) Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika menyelenggarakan Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI bidang informatika di Kota Pekanbaru. Acara ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari dan diikuti oleh 75 orang lulusan SMK, DI, DII, dan DIII. Acara yang dilaksanakan di Pekanbaru merupakan kota ke-27 yang menjadi fokus sertifikasi Nasional berbasis SKKNI.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Riau, Ir. H. Yogi Getri secara khusus memberikan apresiasi atas diselenggarakannya acara ini. Acara ini selain memberikan dampak positif bagi pengembangan sumber daya manusia bidang TIK khususnya di Provinsi Riau, namun juga mempererat jalinan kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Dr. Ir. Hedi. M. Idris, M.Sc dalam arahannya, bahwa kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pemerintah daerah untuk mengkreasikan kegiatan-kegiatan sejenis dalam rangka peningkatan kapasitas SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi. 

Lebih lanjut, Hedi memaparkan bahwa saat ini tidak kurang 250 ribu lulusan SMK bidang TIK yang siap bersaing di dunia kerja, sehingga dengan diadakannya acara ini diharapkan peserta dapat mempunyai bekal lebih dengan memiliki sertifikat kompetensi bidang TIK. Meskipun pada tahun 2017 ini Kementerian Komunikasi dan Informatika hanya bisa melaksanakan fasilitasi Sertifikasi Nasional berbasis SKKNI di bidang Informatika untuk 13.000 orang, diharapkan kegiatan ini bisa menjadikan pancingan budaya sertifikasi kompetensi di seluruh Indonesia dan turut membantu peningkatan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang TIK.